Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Rektor Baru IST AKPRIND

Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Rektor Baru IST AKPRIND

Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom terpilih oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan selaku Badan Penyelenggara IST AKPRIND menjadi Rektor IST AKPRIND Yogyakarta masa bakti 2021-2025. Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom, akan menggantikan jabatan Rektor sebelumnya, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., yang telah habis masa jabatannya. Pelantikan Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., dilaksanakan hari ini Rabu (17/2) oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan, Ir. Sagoro Wedy, M.M., di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta. Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelantikan Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., diselenggarakan secara terbatas dan protokol kesehatan yang sangat ketat dengan hanya dihadiri kalangan pejabat internal IST AKPRIND Yogyakarta saja.

Dengan menjadi Rektor IST AKPRIND masa bakti 2021-2025, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom akan menjadi Rektor ke-7 IST AKPRIND Yogyakarta. Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom akan akan meneruskan perjuangan para pimpinan sebelumnya yaitu Drs. Siswono Oetoyo (1972-1992), Soepono, M.Sc. (1992-1998), Ir.Haryono Arumbinang, M.Sc (1999), Prof. Dr. Bambang Soedijono WA (2000-2008), Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T(2008-2016) dan Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T(2016-2020). Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., memiliki cita-cita untuk untuk membawa IST AKPRIND menuju Institut Inovator Nasional pada 2024 dan Menjadi Mitra Industri Global pada 2044. Hal ini selaras dengan visi IST AKPRIND menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang sains & teknologi dengan reputasi internasional.

Menurut Edhy Sutanta, dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, Perguruan Tinggi saat ini dihadapkan pada 2 (dua) tantangan sekaligus. Pertama adalah “disrupsi” yaitu ditandai munculnya kompetitor baru yang lebih efisien, efektif, dan temuan teknologi yang mengubah peta bisnis. Dan yang kedua adalah pandemi Covid-19 yang “memaksa” PT menggunakan teknologi informasi semaksimal mungkin. Saat ini IST AKPRIND menyelenggarakan program pendidikan melalui 11 program studi yang terdiri dari 9 program Sarjana dan 2 program Diploma 111 yang semuanya telah terakreditasi Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT).Dari 11 program studi tersebut, 10 program studi diantaranya terakreditasi B, dan 1 program studi terakreditasi Baik Sekali. Sedangkan secara Institusi, IST AKPRIND telah terakreditasi “BAIK SEKALI” sesuai keputusan BAN-PT No. 419/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2019. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh IST AKPRIND telah memenuhi standar penjaminan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam pengelolaan perguruan tinggi, tantangan besar yang dihadapi adalah bahwa kinerja Perguruan Tinggi dan Program Studi tidak lagi diukur berdasarkan prosesnya, namun berbasis outcome. Hal ini hanya akan bisa dicapai jika PT dikelola secara transparan, akuntabel, tanggung-jawab, independen, dan berkeadilan (Good University Governance /GUG). Sehingga menuntut adanya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan PT yang kuat, Internal Quality Audit (IQA) berjalan dengan baik, dan adanya Continuous Quality Improvement (CQI).

Berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2020 yang diumumkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada bulan Agustus lalu, IST AKPRIND berada pada peringkat 90 bari 2.136 PTN/PTS non Vokasi se Indonesia. Sementara Pada awal tahun 2021 ini, berdasarkan pemeringkatan oleh Webometricrs sebuah lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi di Spanyol menempatkan IST AKPRIND pada peringkat 8 Pergurun Tinggi terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta dibawah 2 PTN dan 5 PTS terkemuka. Sedangkan secara nasional, berdasarkan pemeringkatan oleh Webometricrs tersebut IST AKPRIND berada pada posisi 88. Khusus untuk pengelolaan kemahasiswaan, pada tahun 2020 IST AKPRIND menduduki peringkat I terbaik se LLDIKTI Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber : https://akprind.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *