Dosen Resiskom memberikan pelatihan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) dengan tema Web Programming di SMK Jam’iyyatul Aulad Palabuhanratu

Dosen Resiskom memberikan pelatihan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) dengan tema Web Programming di SMK Jam’iyyatul Aulad Palabuhanratu

Dosen Resiskom Joko Triyono, S.Kom., M.Cs., MTA yang juga sebagai Asesor BNSP Bidang Networking dan Programming selama sepekan mulai tanggal 15 sampai dengan 19 November 2021 menjadi pendamping sekaligus pemateri pada kegiatan Program Kecakapan Wirausaha (PKW). Kegiatan yang berlangsung selama enam hari ini bertujuan untuk memberikan pelatihan sekaligus bekal bagi alumni SMK Jam’iyyatul Aulad untuk berwirausaha sekaligus terampil dalam bidang web programming dan Digital Marketing.

Kegiatan dilaksanakan di laboratorium komputer SMK Jam’iyyatul Aulad di Jalan Empang Raya Nomor 01, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Sekolah SMK Jamiyyatul Aulad, Andriana mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Ditjen Pendidikan Vokasi Direktorat Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk menyiapkan diri dalam dunia digital, khususnya dalam membangun usaha berbasis digital dengan memanfaatkan blog, medsos, wa bisnis dan juga diajarkan dalam pengembangan aplikasi berbasis web untuk backoffice transaction. Dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi proses marketing secara digital dengan mengangkat produk unggulan lokal.

Antusiasme peserta sangat mendukung dalam kegiatan ini, dengan jadwal yang cukup padat mulai jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 tiap harinya, bahkan peserta masih melanjutkan menyelesaikan tugas dan simulasi sampai malam hari. Begitu juga dengan dukungan pihak sekolah, sangat luar biasa. Beberapa guru selalu ikut mendampingi peserta, bahkan kepala sekolah juga ikut aktif dalam kegiatan ini. 

Sebagai rasa syukur dan support terhadap antusiasme peserta dan juga guru dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan, maka kami terpanggil untuk mendampingi kegiatan ini secara berkelanjutan baik secara online maupun offline. (jkt)