Kuliah Umum “Mengenal Sistem Komputer dan Internet of Things”

Kuliah Umum “Mengenal Sistem Komputer dan Internet of Things”

Internet of Things, sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. namun secara singkat Internet of Things bisa dikatakan  di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Banyak yang memprediksi bahwa pengaruh Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini dikarenakan IoT menawarkan banyak potensi yang dapat digali.

kuliah umum 1

Oleh karena itu, Jurusan Sistem Komputer IST AKPRIND Yogyakarta dan HIMAKOM, mengadakan acara Kuliah Umum dengan tema “Mengenal Sistem Komputer dan Internet of Things” dengan Narasumber Bapak Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si. , Dosen Program Studi Ilmu Komputer, Dosen Ilmu Komputer dan Elektronika Universitas Gajah Mada. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen Jurusan Sistem Komputer.

kuliah umum 2

Dalam kuliah umum ini membahas mengenai contoh sederhana manfaat dan implementasi dari Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah kulkas. Yaitu kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi, kulkas belum ditutup dengan sempurna sensor dapat memberitahu. Banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk membantu pengembang dalam mengembangkan produk yang berbasis IoT. Salah satu yang menyediakan program ini adalah Intel dengan IoT Developer Program.

Leave a Reply

Your email address will not be published.